Apa yang Terjadi Bila Bulan Tidak Ada



Kamu pernah membayangkan apa yang terjadi jika kita tidak punya Bulan atau Bulan tiba-tiba menghilang/hancur ? yaap, jika Bulan sejak dahulu sudah tidak ada alias Planet Bumi tidak punya Bulan...maka akan ada konsekuensi serius begitu pula jika Bulan tiba-tiba hilang atau hancur.

Menurut Ilmuan, Bulan berhenti aktif dalam aktifitas Geologi sekitar 1 miliar tahun lalu. Jadi nyaris tidak akan terjadi apa-apa lagi di permukaan maupun dibawah permukaan Bulan seperti meletus, mengeluarkan api dsb.




Tapi itu bukan berarti Bulan tidak memiliki pengaruh apa-apa terhadap Bumi dan kita tahu sendiri bahwa gravitasi bulanlah yang menimbulkan pasang surut di laut, dan gravitasi bulan pula lah yang membuat rotasi Bumi seperti sekarang ini yaitu 24 jam.

Nah kalau Bulan tidak ada sejak dulu atau tiba-tiba tidak ada, maka tentu efeknya bagi Bumi adalah seperti:

Rotasi Bumi akan sangat cepat

Tanpa Bulan, menurut ilmuan maka Bumi akan berotasi lebih cepat yakni sekitar 6jam. Itu artinya siang dan malam akan bergantian sangat cepat. Bayangkan saja apa jadinya kalau kita mengalami seperti itu

Bisa jadi tidak ada Kehidupan di Bumi

Karena Rotasi yang sangat cepat tadi, maka intensitas cahaya matahari yang jatuh ke Bumi juga sangat sedikit dan bisa saja ini tidak mencukupi bagi mahluk hidup untuk bertahan dan berkembang.

Tumbuhan, Hewan dan Manusia adalah penghuni utama Bumi yang sangat butuh pada Cahaya matahari yang cukup. Mungkin memang ada mahluk hidup lain yang bisa bertahan seperti Mikroba dan semisalnya.

Tidak ada pasang surut laut

Tidak ada pasang surut artinya laut gak asyik kan. Nelayan juga akan kerepotan karena tidak bisa menentukan kapan waktu yang tepat berlayar dan kapan yang potensi ikannya banyak. Dan tentu saja ini bisa berpengaruh terhadap kehidupan laut secara keseluruhan.



Musim yang tidak beraturan

Bulan membantu posisi Bumi berada pada derajat kemiringan (23o) yang tepat di tata surya sehingga musim-musim yang ada di Bumi sekarang normal seperti yang kita rasakan dan juga cahaya matahari sampai dengan pas ke Bumi. Jika tidak maka boleh jadi Bumi akan mengalami haru-hari dan musim yang liar dan ekstrim.

Bayangkan jika posisi Bumi berada sudut 97 seperti Planet Uranus, bisa-bisa akan mengalami 42 tahun siang dan 42 tahun malam berturut-turut

Bumi Sangat Gelap dimalam hari

Tanpa pantulan dari Bulan, malam-malam di Bumi akan sangaaat gelp gulita tidak seperti sekarang, kita masih bisa lihat meski sedikit. Dan pula dengan adanya Bulan kita bisa menikmati fenomena gerhana seperti baru-baru ini kan.


Jaket Kulit Asl










Facebook


Sebarkan :

Facebook Google Twitter LinkedIn

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Apa yang Terjadi Bila Bulan Tidak Ada"

Posting Komentar