WADUH! Polisi Akan Tilang Pengendara yang Gunakan GPS



Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Pagara memastiknya pihaknya akan menilang driver Ojek Online (Ojol) yang kerap membuka GPS atau handphone saat berkendara. Karena hal itu beresiko akan terjadinya kecelakaan.

"Penggunaan GPS atau HP itu dilarang, sudah ada ketentuannya dalam pasal 106. Kami akan tilang," kata Halim, Minggu (4/3/2018).

Halim menjelaskan penggunaan HP saat berkendara dapat mengalihkan perhatian si pengendara sendiri. Hal ini juga sesuai dengan UU Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 106.





Berikut bunyi Pasal 106 Ayat 1:

Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Sedangkan sanksi terhadap pelanggar akan dikenai hukuman penjara tiga bulan atau denda sebesar Rp750 ribu. Hal ini tercatat dalam Pasal 283 yang menyebutkan:

"Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp 750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

 Jaket Kulit

Facebook


Sebarkan :

Facebook Google Twitter LinkedIn

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "WADUH! Polisi Akan Tilang Pengendara yang Gunakan GPS"

Posting Komentar