Ternyata Ini Fungsi Lubang-lubang pada Rem Cakram



Bagi pengendara sepeda motor, mungkin banyak yang belum tahu mengapa bentuk rem cakram berlubang-lubang. Ternyata lubang pada rem cakram memiliki fungsi khusus.

General Manager Aftersales Department PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Muhammad Abidin mengungkapkan, lubang-lubang yang terdapat pada rem cakram berfungsi untuk mengurangi panas logam saat pengereman dilakukan berulang kali.

"Rem cakram itu pasti juga akan menghasilkan panas kalau terus digesek, panas ini juga butuh pelepasan. Nah fungsi lubang itu untuk pelepasan panas saat mengerem," kata Abidin kepada VIVA.co.id, di Jakarta, Kamis, 19 Januari 2017.




Tak hanya berfungsi melepas panas, lubang pada rem cakram juga bertujuan mencegah kotoran menempel pada sambungan kampas rem dan disc brake. Jadi saat ada debu atau kotoran, hanya menempel pada lubang tersebut. "Jadi lubang pada rem cakram itu punya fungsinya, enggak sekadar variasi atau model saja," ujarnya menambahkan.

Posisi lubang rem cakram setiap motor berbeda-beda. Hal itu karena pabrikan telah menyesuaikan dengan model kendaraan. "Kalau motor sport dikasih sudutnya agak miring, kalau motor bebek karena dimensinya kecil, dibentuk berlubang-lubang mengikuti total desain motor," katanya.



 Jual Jaket Kulit




Facebook


Sebarkan :

Facebook Google Twitter LinkedIn

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Ternyata Ini Fungsi Lubang-lubang pada Rem Cakram"

Posting Komentar