Menurut penelitian, ini 6 manfaat yang didapat dari pelihara kucing



Katanya kucing adalah hewan manja yang cenderung memperbudak pemiliknya. Pendapat ini mungkin bakal ditolak mentah-mentah oleh para pecinta kucing. Namun berbagai penelitian mengemukakan bukti bahwa memelihara kucing memiliki banyak manfaat bagi si pemilik.

Selain persahabatan, manfaat apa saja yang bisa didapatkan dengan memelihara si imut yang suka mengeong ini?

Lebih ramah lingkungan

Bagi kamu yang sangat peduli dengan lingkungan sekitarmu, memelihara kucing ternyata lebih eco-friendly dibandingkan memelihara anjing. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 menemukan bukti bahwa sumber daya yang dibutuhkan untuk memberi makan anjing selama hidupnya menghasilkan jejak karbon yang sama seperti sebuah mobil Land Cruiser.

Sementara makanan kucing yang lebih sedikit kandungan daging meninggalkan jejak karbon lebih pendek.

Membantu meringankan depresi karena kehilangan orang yang dicintai

Kehilangan pasangan, sahabat, atau anggota keluarga biasanya menimbulkan depresi yang sulit untuk diatasi. Memiliki kucing sebagai teman atau support animal terbukti dapat membantu penderita depresi mengatasi beban mental lebih cepat. Orang-orang yang mengandalkan hewan ini sebagai support animal relatif lebih jarang menunjukkan gejala kesakitan secara emosional, misalnya menangis.

Pemilik kucing cenderung lebih cerdas

Sebuah penelitian ternyata membuktikan bahwa seseorang yang suka memelihara kucing ternyata memiliki nilai kecerdasan yang lebih tinggi dibanding yang memilih anjing.

Dilansir dari Lifehack, hasil ini dikemukakan oleh seseorang profesor bidang psikologi bernama Denise Guastello dari Caroll University. Seseorang yang menyukai kucing juga disebut lebih sering untuk menghabiskan waktu sendirian. Kesendirian itu biasanya dapat dimanfaatkan untuk membaca buku atau mempelajari hal-hal baru.




Menurunkan risiko terserang penyakit

Sebuah penelitian kesehatan terbaru bahkan mengatakan bahwa risiko stroke akan berkurang hingga 30 persen saat kamu memelihara kucing. Risiko terkena penyakit kardiovaskular juga akan menurun hingga 25 persen saat kamu bermain-main dengan kucing.

Ketika bermain dengan kucing kamu akan merasa lebih tenang yang berdampak positif dengan menurunnya tekanan darah. Stres atau depresi pun bisa dicegah sejak dini.

Tidur lebih nyenyak

Beberapa penelitian dan jajak pendapat di Inggris telah menemukan bukti bahwa mayoritas pemilik kucing (khususnya perempuan) tidur lebih nyenyak saat didampingi kucing mereka. Sebuah studi terbaru dari Mayo Clinic Center for Sleep Medicine menunjukkan bahwa 41 persen pemilik kucing mendapatkan tidur yang lebih berkualitas saat bersama hewan peliharaan mereka.

Risiko rentan alergi lebih rendah

Memelihara kucing atau anjing saat mengandung mungkin membuat kita terpapar risiko terserang toksoplasma. Namun memelihara kucing sejak masih anak-anak justru membuat kita lebih kebal terhadap alergi.

Pada tahun 2002, National Institutes of Health merilis sebuah studi yang menunjukkan bahwa anak di bawah satu tahun yang terbiasa berada di sekitar kucing lebih kebal terhadap alergi. Menurut Marshall Plaut, MD, kepala bagian mekanisme alergi di National Institute of Allergy and Infectious Diseases, bermain dengan kucing sejak kecil membuat anak mengembangkan kekebalan terhadap berbagai jenis alergi, antara lain alergi debu dan serbuk sari bunga.


 Jaket Kulit Keren





Facebook


Sebarkan :

Facebook Google Twitter LinkedIn

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Menurut penelitian, ini 6 manfaat yang didapat dari pelihara kucing"

  1. Emang kalo berita/info hasil copas gak apa apa mas dipublish di blog kita ? Soalnya saya pernah copas tapi takut gitu :v

    BalasHapus