Sering Kita Gunakan, Apa Sih Maksud PING pada BBM? Ini Arti dan Fungsinya yang Sebenarnya



Sebelum membahas lebih lanjut, istilah Ping merujuk laman Wikipedia, Rabu (9/11) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa Induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).

Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya.

Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.

Awal mulanya, Mike Muuss menulis program ini pada bulan Desember 1983, sebagai sarana untuk mencari sumber masalah dalam jaringan

Menurutnya, nama "ping" berasal dari suara echo (sonar) sebuah kapal selam yang bilamana sang operator mengirimkan pulsa-pulsa suara ke arah sebuah sasaran maka suara tersebut akan memantul dan diterima kembali ketika telah mengenai sasaran dalam jangka waktu tertentu.

Jadi menurut berbagai sumber, fungsi utama PING!!! pada BBM adalah untuk mengetahui apakah jaringan milik BlackBerry berfungsi atau tidak.

PING! pada BBM tidak lain dibuat sebagai tes untuk jaringan server BlackBerry agar dapat reaktif saat berada dalam jaringan.





Fungsi lainnya adalah untuk mengecek lalu lintas data pada BBM apakah lambat atau normal.

PING!!! dalam BBM juga bisa diartikan sebagai program untuk melihat apakah antara satu pengguna dengan pengguna lain terhubung dengan baik.

Terakhir PING!!! pada BBM juga bisa digunakan sebagai alat pengukur sinyal provider seluler.

Secara garis besar bisa juga dikatakan PING!!! pada BBM ini identik dengan fitur Buzz! di Yahoo Messenger, di mana biasanya digunakan untuk memulai percakapan dengan teman.

Namun belakangan ini, fitur PING!!! biasa difungsikan agar chat cepat dibalas atau meminta respons dalam keadaan urgen.

Menggunakan PING!!! pun ada aturannya lho di mana kita sebenarnya dapat dan diperbolehkan mengirim sinyal PING di BBM sebanyak sehari dua kali atau 7 hari hanya untuk mengecek seluruh kontak di BBM.

Jadi memang fitur PING!!! pada BBM dibuat bukan untuk iseng atau mengganggu teman.

Mulai sekarang lebih bijak ya nge-PING!!! teman di BBM.



 Jaket Kulit Keren

Facebook


Sebarkan :

Facebook Google Twitter LinkedIn

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Sering Kita Gunakan, Apa Sih Maksud PING pada BBM? Ini Arti dan Fungsinya yang Sebenarnya"

Posting Komentar