Pertama Kali di Dunia, Pria Ini Pasrahkan Kepalanya untuk Dipasangkan ke Tubuh Orang Lain



Ahli bedah saraf Italia, Sergio Canavero, telah mengumumkan rincian untuk operasi transplantasi kepala yang akan ia lakukan. Operasi ini sangat kontroversial dan menjadi perbincangan di berbagai negara.

Dilansir dari ibtimes.co.uk pada 5 September 2016, Canavero berencana melaksanakan transplantasi kepala pertama di dunia pada Desember 2017.

Rencana ini mendapat kritik dari banyak ahli karena hal tersebut sangat tidak mungkin dan melanggar etik.

Valery Spiridonov, seorang pria asal Rusia, akan menjadi pasien operasi transplantasi pertama di Dunia. Valery adalah seorang ilmuwan komputer yang menderita penyakit Werdnig-Hoffman.

Penyakit merupakan gangguan atrofi otot tulang belakang yang membuat otot-otot Valery layu dan tidak bisa bergerak. Laki-laki berusia 31 tahun ini hanya bisa bergerak menggunakan kursi roda.

Ia pun berbicara mengenai proyek kursi terbarunya dengan sistem autopilot atau sistem elektrik yang memandu sebuah kendaraan dapat bergerak tanpa bantuan tangan manusia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kehidupan orang-orang cacat.

Valery mengatakan, proyeknya dan Canavero ini saling melengkapi satu sama lain. Sejak pertama mengumumkan rencananya pada bulan Februari 2015 lalu, Dokter Canavero telah memberikan gambaran singkat tentang bagaimana operasi transplantasi kepala bekerja.





Kepala pasien akan didinginkan sampai suhu sekitar 15 Celcius. Kedua kepala (pasien dan pendonor mati) akan terputus, kemudian kepala pasien akan dilekatkan pada tubuh pasien pendonor.

Valery mempercayakan nasibnya kepada Canavero untuk mengganti tubuhnya dengan yang baru. Tubuh baru Valery nantinya akan berasal dari seorang donor yang dinyatakan mati batang otak, tapi bertubuh sehat.

Setelah operasi, pasien akan terus koma selama sekitar satu bulan untuk mencegah gerakan apapun, sementara tulang belakang mereka dirangsang elektroda untuk memperkuat koneksi saraf. Canavero memperkirakan pasien akan dapat berjalan setelah satu tahun operasi.

Banyak kritikus mengatakan, angka kesuksesan transplantasi kepala sangat jauh dari harapan. Namun, awal tahun 2016 ini, tim ahli bedah China mengklaim telah berhasil melakukan transplantasi kepala pada monyet.

Canavaro mengumumkan temuannya dan menunjukkan sebuah gambar monyet yang kepalanya dijahit ke tubuh lain.

Yang lebih mencengangkan lagi, operasi ini harus dilakukan dengan bedah tercanggih dengan dana 14 juta poundsterling atau setara dengan Rp 200 miliyar.
-----------

 Jual Jaket Kulit



Facebook


Sebarkan :

Facebook Google Twitter LinkedIn

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pertama Kali di Dunia, Pria Ini Pasrahkan Kepalanya untuk Dipasangkan ke Tubuh Orang Lain"

Posting Komentar