Sosok di Balik Suara 'Pintu Theater Satu Telah Dibuka'



Bagi yang suka nonton film di bioskop jaringan Cinema 21, pasti akrab dengan suara ini “Mohon perhatian Anda.. Pintu teater satu telah dibuka.. Bagi Anda yang telah memiliki karcis dipersilahkan untuk memasuki ruangan teater satu” Menurut ane itu suara legend banget gan. Tau gak itu suara siapa? Itulah suara Maria Oentoe, yang wajahnya tak banyak dikenal orang. Tapi agan tau gak kalo seluruh bioskop 21 di Indonesia menggunakan suara ini?

Maria Oentoe Tinangon (lahir 1948) adalah aktris pendukung film di satu era, dan sering tampil dengan para aktris yang terkenal pada zaman itu Gladys Suwandhi, Marissa Haque, Meriam Bellina, Mieke Widjaya, Mila Karmila, dan Zainal Abidin. Selain itu dia terkenal sebagai perintis profesi sulih suara atau dubbing di radio Indonesia. Karya-karya dubbingnya antara lain Tutur Tinular dan Saur Sepuh.





Pada tahun 2011 yang lalu, suaranya direkam ulang. Selain untuk pembaruan, pengambilan suara baru tersebut bertujuan mengakomodasi jumlah bioskop yang terus bertambah di grup sinepleks itu. Hebatnya, pihak Cinema 21 tidak mengganti dengan suara orang lain. Mereka tetap menggunakan jasa suara itu.

Sutradara Indonesia, Teguh karya juga muji suara emasnya Maria Oentoe lho. Di film November 1828 karya Teguh Karya yang rilis tahun 1979 (etdah ane masih diangan2 ini mah ), Maria Oentoe bertugas untuk mengisi suara Sunarti Rendra, yang merupakan salah satu dialog yang paling susah dalam film itu. Tapi Maria Oentoe menyelesaikannya dalam satu kali take, gak ada yang salah sedikitpun (mantep gan ). Tapi sayang gan, di usianya yang udah mulai senja ini, profesi Dubber mulai terpinggirkan, perkembangan teknologi membuat pekerjaannya mulai tergeser. Tapi tetep bagi ane, suara ini bener-bener legendaris banget gan.  (sumber: Kaskus)

----------------



Belanja Jaket Kulit




Facebook


Sebarkan :

Facebook Google Twitter LinkedIn

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Sosok di Balik Suara 'Pintu Theater Satu Telah Dibuka'"

Posting Komentar