Besok, Terjadi Gerhana Matahari Cincin



Gerhana matahari cincin akan terjadi pada Kamis (1/9/2016) mulai pukul 14.17 WIB-17.55 WIB.

Untuk wilayah Indonesia, hanya terlihat di daerah Bengkulu, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta, itu pun hanya beberapa menit menjelang gerhana berakhir. Gerhana yang sangat jelas terlihat di negara Tanzania, Gabon, Republik Congo, Republik Demokrasi Congo dan Madagaskar.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), merilis jalur gerhana matahari cincin akan melewati Samudera Atlantik, Afrika bagian Tengah, Madagaskar, dan Samudera Hindia. "Di Indonesia gerhana ini dapat diamati pada sore hari menjelang matahari terbenam berupa gerhana matahari sebagian, yaitu di Kepulauan Mentawai, Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur bagian Barat," demikian keterangan tertulis BMKG.






Pada saat puncak gerhana tersebut, besaran piringan matahari yang tergerhanai bergantung pada magnitudo gerhana, yaitu perbandingan antara diameter matahari yang tergerhanai oleh bulan dan diameter matahari secara keseluruhan saat puncak gerhana terjadi. Magnitudo GMC 1 September 2016 nanti terbesar yang teramati dari Indonesia adalah 0,066 yaitu di Kalianda, Lampung. Sedangkan durasi gerhana terlama di Indonesia adalah di Kota Manna, Bengkulu, yaitu selama 34 menit 30,1 detik. (republika)

----------


 Jual Jaket Kulit

Facebook


Sebarkan :

Facebook Google Twitter LinkedIn

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Besok, Terjadi Gerhana Matahari Cincin"

Posting Komentar