Jangan dihindari petai punya banyak manfaat kesehatan, apa saja?



Petai memiliki kandungan serat yang tinggi jika dibandingkan pisang, anggur dan apel.


Siapa yang tak mengela petai? Makanan yang memiliki rasa serta bau yang khas ini justru memiliki banyak penggemar. petai biasanya digunakan masyarakat sebagai tambahan penyedap dalam masakan, seperti nasi goreng atau sambel kentang. Tak afdol rasanya jika tak menambahkan penganan yang dikategorikan sebagi sayur-sayuran ini.

Tapi taukah Anda? Tak hanya melezatkan makanan. petai juga rupanya sangat bermanfaat bagi kesehatan karena memiliki banyak kandungan gizi. Menurut penelitian petai memiliki dua kali karbohidrat serta protein empat kali lebih tinggi dibandingkan buah apel.

Tak hanya itu petai juga memiliki kandungan serat yang tinggi jika dibandingkan pisang, anggur dan apel. Selain itu petai juga mengandung tiga jenis gula alami yang berguna bagi tubuh, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa. Berikut beberapa manfaat lain petai bagi kesehatan, yang dihimpun dari beberapa sumber:

Obesitas
Kelebihan berat badan atau obesitas kini dialami sebagian besar masyarakat kita. Ternyata mengonsumsi petai dapat mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Sehingga mengurangi resiko penumpukan lemak dalam tubuh.


Anemia
Walau banyak dibenci kaum hawa karena baunya yang tak sedap. Ternyata petai sangat bagus bagi kesehatan wanita karena petai memiliki kandungan zat besi yang mampu mencegah anemia. petai mampu menstimulus sel darah merah dan pencegahan anemia yang cenderung dialami wanita terutama pada saat menstruasi.


Mengatasi Lelah
Kandungan nutrisi dan vitamin pada petai juga dipercaya mampu meredam lelah dan mengatasi kecapekan. Jadi ketika merasa lelah, tak ada salahnya mengonsumsi petai setelah beraktivitas. Petai ternyata juga bisa mengurangi tingkat depresi seseorang.






Tangani gatal gigitan nyamuk
Tidak hanya buah atau biji petai yang berkhasiat, bagian kulit petai pun ternyata memiliki khasiat dan manfaat. Salah satu manfaat dari kulit biji petai ini dapat mengurangi dan menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Setelah tergigit nyamuk cobalah gosok bagian yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit petai.


Menetralkan asam lambung
Petai ternyata sangat bersahabat dengan lambung manusia. Meskipun dimakan secara mentah, buah ini tidak menimbulkan efek yang buruk bagi lambung. Justru petai baik bagi lambung karena mengurangi iritasi dan luka pada lambung serta mencegah infeksi di lambung.


Menjadikan Awet Muda
tak hanya itu, kandungan protein dalam petai bisa membantu meregenerasi kulit. Sehingga membuat kulit lebih segar dan mulus dan tampak awet muda. Bahkan, beberapa study menyebutkan bahwa petai sangat berfungsi bantu wanita menjaga kecantikan kulit dan wajah secara alami.

----------------

 Jaket Kulit



Facebook


Sebarkan :

Facebook Google Twitter LinkedIn

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

2 Responses to "Jangan dihindari petai punya banyak manfaat kesehatan, apa saja?"