Ternyata Rekor Waktu Tempuh Jakarta-Surabaya di atas Motor Belum terpecahkan Sejak 1932



Kalau anda termasuk orang yang punya hobby touring sepeda motor, saya punya dua pertanyaan: berapa kilometer jarak terjauh anda dan berapa lama perjalanan itu ditempuh?

OK, apapun jawabanmu saya menantang anda untuk menempuh Jakarta – Surabaya dalam waktu 10 jam. Mampu? Dengan kondisi infrastruktur dan kepadatan lalu lintas saat ini, saya kok pesimis ya. Hampir mustahil.

Kenapa sih nantang 10 jam? Angka ini berdasarkan satu-satunya rekor yang pernah saya baca. Yup! sepanjang pengetahuan saya, rekor touring motor Jakarta – Surabaya via Bandung tercatat atas nama Gerrit de Raadt yang berhasil menempuh jarak 845 km dalam waktu 10 jam 1 menit pada tanggal 18 Agustus 1932. Harus lewat Bandung mungkin karena satu-satunya jalur yang bisa dilalui adalah jalan Daendels. Kalau kita bagi jarak dengan waktu tempuh, de Raadt berhasil mencapai kecepatan rata-rata sekitar 84,5 km/jam. Gila juga ya. Rata-rata lho itu. Bener-bener perlu stamina dan motor yang prima.



Kalau ditelisik lebih jauh, dari catatan yang ada, ternyata memang ada semacam perlombaan rekor waktu tempuh Batavia – Soerabaja di awal abad ke-20. Gerrit de Raadt memulai kompetisi ini dengan mengumumkan rekor 20 jam 45 menit di atas motor Reading Standard. Sepuluh hari setelahnya, Frits Sluijmers dan Wim Wygchel yang secara bergantian menunggangi motor Excelsior memperbaiki rekor dengan catatan waktu 20 jam 24 menit.








Rekor duo Sluijmers-Wygchel tidak bertahan lama karena Sembilan hari sesudahnya Goddy Younge membukukan rekor waktu 17 jam 37 menit di atas Harley Davidson. Lima bulan berselang, rekor Younge berhasil dipecahkan oleh Barend ten Dam dengan waktu 15 jam 37 menit pada tanggal 18 September 1917 dengan mengendarai motor merek Indian. Tidak terima rekornya disalip orang, enam hari kemudian Younge yang berasal dari Semarang kembali mencetak rekor tercepat dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam selama 14 jam 11 menit. Rekor Younge ini bertahan sangat lama sampai sang pionir, de Raadt, sukses memecahkannya pada tahun 1932.

Nah, sekarang siapa yang berani coba memecahkan rekor de Raadt?

Referensi: http://motorlama.com/sejarah-sepeda-motor-di-indonesia.php
-----------------


Jaket Kulit Harga Pabrik



Facebook


Sebarkan :

Facebook Google Twitter LinkedIn

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

10 Responses to "Ternyata Rekor Waktu Tempuh Jakarta-Surabaya di atas Motor Belum terpecahkan Sejak 1932"

  1. Saya berkendara oakai motor 150 cc, nonstop hanya sesekali ada istirahat hanya buat minum dan menikmati pemandangan, di bulan agustus 2014 saya jalan dari surabaya ke cikarang bekasi, jam 05:00 saya start dan sampai di cikarang jam 21:00 artinya saya lama perjalanan saya adalah +- 16 jam. Apakah ituh cukup baik ?, wkwkwkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Andy coba lewat tol dech di jamin bisa di bawah 10 jam he..he.. By Banyo NTP

      Hapus
  2. Wah jadi penasaran naik motor ke surabaya.. pernah coba 10 jam perjalanan dari banyuwangi ke bogor berangkat jam 19.00 sampai bogor adzan subuh sekitar jam 05.00 pagi tapi pakai mitsubishi lancer

    BalasHapus
  3. Wah bolech nich.. dibuat lomba. Trakhir saya surabaya jkt. Naik matic 100cc brangakt 14.00 sampai depan monas 07.30

    BalasHapus
  4. Saya terakhir ke dari jakarta ke surabaya naik motor honda CBR 250R menempuh jarak 837km catatan waktu saya 12 jam, 10 menit. Pada tahun 2013 pas hari terakhir puasa ramadhan.

    BalasHapus
  5. Jakarta _ surabaya pernah touring bareng bareng pake matic 100 cc.. rasanya pantat ini mati rasa ..ampunnn macett bikin ngilu bokong 2016

    BalasHapus
  6. susah kyknya ya, sy sj jogja-bandung 370km: 7 jam. jogja-pandeglang (banten) 650km: 11 jam (istrhat 1 jam). kyknya klo yg pro dan ad eventnya sih bs lwt tol tapinya, hihi. tp sy amatiran jd ga mungkin bs.

    BalasHapus
  7. susah kyknya ya, sy sj jogja-bandung 370km: 7 jam. jogja-pandeglang (banten) 650km: 11 jam (istrhat 1 jam). kyknya klo yg pro dan ad eventnya sih bs lwt tol tapinya, hihi. tp sy amatiran jd ga mungkin bs.

    BalasHapus
  8. Hampir mustahil untuk kondisi lalu lintas jaman skarang, kecuali boleh lewat jalan tol,,,

    BalasHapus
  9. su masih belum percaya rekor 10 jam 1 menit jakarta surabaya apalagi via bandung, mau cari bahan bakar dimana, mesin bisa meledak di geber 84km perjam tanpa henti apalagi mesin platina mudah panas

    BalasHapus