Tips Menjaga Mata Anda Agar Tetap Sehat Saat di depan Komputer



Saat ini tidak dapat dipungkiri laptop maupun komputer sudah menjadi kebutuhan setiap orang, khususnya para mereka karyawan kantoran. Duduk berjam – jam didepan layar komputer sudah menjadi rutinitas.

Resiko terkena penyakit ringan pun susah untuk dihindari seperti sakit pingang, sakit leher dan terutama sakit mata. Sakit mata sangat berpotensi menyerang anda karena mata anda menatap layar monitor dalam waktu yang lama.

Ada beberapa tips untuk mencegah agar sakit mata tidak menyerang anda, berikut 5 cara mudah yang dapat anda lakukan :

Gunakan teori 20-20-20

Setiap 20 menit Anda menghadap ke komputer, alihkan perhatian mata Anda selama 20 detik ke tempat yang berjarak 20 kaki dari Anda. 20 kaki setara dengan 6 meter dari tempat Anda duduk. Hal tersebut dapat meregangkan otot-otot pada mata yang selama 20 menit fokus ke komputer.

Usahakan sering berkedip

Setiap kali Anda berkedip, kelopak mata menyebarkan air mata alami ke permukaan mata. Hal tersebut dapat mencegah mata kering yang tidak akan menyebabkan iritasi dan rasa sakit.





Berada pada cahaya terang

Usahakan selalu berada pada cahaya yang terang jika sedang menghadap komputer. Biarkan sinar matahari menerangi ruangan Anda pada siang hari. Jika malam, gunakan lampu yang cukup terang atau bisa menggunakan lampu meja.

Kacamata

Jika dibutuhkan, Anda bisa mengkonsultasikan dengan dokter untuk memakai kacamata yang dapat mengurangi ketegangan mata saat melihat layar komputer. Jika Anda memang berkacamata, pastikan lensa Anda cocok untuk digunakan selama berjam-jam di depan layar komputer.

Jaga jarak dengan layar komputer

Jarak komputer dengan mata Anda setidaknya 50 cm dari mata Anda. Pastikan menggunakan pencahayaan layar yang tepat dan kontras sehingga Anda mata Anda tidak mudah lelah. Tempat duduk yang nyaman dan empuk juga dapat membuat tubuh tidak mudah sakit leher atau sakit pinggang.

Mata adalah anugerah dari Tuhan, jagalah agar penglihatan anda tidak rusak. Semoga tips diatas dapat membantu agar penglihatan anda tetap baik selama didepan layar komputer.




Facebook


Sebarkan :

Facebook Google Twitter LinkedIn

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Tips Menjaga Mata Anda Agar Tetap Sehat Saat di depan Komputer"

  1. Kebetulan saya hampir tiap hari di depan komputer bang..trims tipsnya.

    BalasHapus