Awas!!! Pencemaran Bakteri Mematikan Pada Apel



Setelah ditemukan sedikitnya tiga kasus kematian akibat pencemaran bakteri mematikan Listeria monocytogenes pada apel yang diproduksi di dalam negeri, pemerintah AS telah mengeluarkan peringatan terkait pencemaran tersebut.

Data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga melaporkan total ada 32 orang di 11 negara bagian terinfeksi bakteri ini. Dilaporkan pula 31 orang dirawat di rumah sakit akibat infeksi yang sama.

Meski kasusnya berasal dari luar negeri, Indonesia ikut diresahkan dengan isu ini karena sebuah perusahaan asal California bernama Bidart Bros mengimpor apel-apel sejenis ke luar negeri, salah satunya ke Indonesia. Bidart Bros sampai menarik produk mereka yang beredar di Indonesia, yaitu apel Granny Smith dan Gala.

Kabar ini ditanggapi oleh Kementerian Pertanian dengan mengeluarkan pernyataan bahwa belum ada apel di Indonesia yang terkontaminasi bakteri Listeria. Pernyataan ini disimpulkan dari hasil survei yang dilakukan sejak bulan Mei-Desember 2014.

"Tidak ditemukan cemaran kimia yang melebihi ambang batas dan bebas mikroba. Semua dalam kendali," ungkap Kepala Badan Karantina Kementan, Banun Harpini menanggapi isu tersebut.

Fakta ini juga diperkuat dengan pernyataan Kementerian Kesehatan yang menegaskan belum ada KLB (kejadian luar biasa) berupa keracunan pangan terkait apel tercemar Listeria.

Banun menambahkan, kasus infeksi akibat bakteri Listeria atau listeriosis yang terjadi di AS sebetulnya diakibatkan oleh konsumsi produk apel olahan, semisal Caramel Apple Brand atau olahan karamel dari apel. Sedangkan kasus infeksi dari apel segar justru belum terbukti.

Ia menambahkan, apel yang dicurigai sebagai penyebab infeksi di AS itu baru selesai dipanen pada Oktober 2014, dan diperkirakan baru masuk ke Indonesia per Januari 2015.





"Amerika bilangnya itu pun bukan apel produksi dari packing house Bidart Bros yang menarik produknya. Tapi kami tetap akan cek begitu apelnya tiba," tegas Banun.

Diakui dr HM Subuh, MPPM, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, pencegahan secara total sulit dilakukan. Namun infeksi listeriosis dapat dihindari dengan berbagai langkah seperti selalu membilas bahan mentah dengan air mengalir, bahkan setelah dikupas; menggosok buah atau sayur dengan sikat sebelum disimpan; selalu mencuci peralatan masak, terutama saat mengolah daging; dan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum mengolah makanan, serta saat akan makan.

"Makanan yang dimasak, dipanaskan dan disimpan dengan benar umumnya aman dikonsumsi karena bakteri ini akan mati pada temperatur 75 derajat Celcius," tandas dr Subuh dalam pernyataannya.

Di sisi lain, pakar menyebut Listeria sebenarnya bakteri yang bisa ditemukan dimanapun, terutama di tanah, pakan dan feses ternak. Namun dari hasil penelitian 1-10 persen manusia juga diduga memiliki bakteri ini dalam ususnya.

Hanya saja diakui bahwa Listeria tergolong sebagai bakteri yang tahan terhadap segala kondisi, seperti panas, asam, garam, dingin, bahkan ketika tak ada oksigen sekalipun.



 Jaket Kulit Harga Pabrik

Facebook


Sebarkan :

Facebook Google Twitter LinkedIn

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Awas!!! Pencemaran Bakteri Mematikan Pada Apel "

Posting Komentar